Selasa, 21 Juni 2011

Proyek Di Duga Mendahului,Rumah Guru Di Gusur


.Bengkayang. Rencana pembangunan sekolah yang bertarap Internasional akan di laksanakan dalam waktu dekat di kabupaten   Bengkayang,mega proyek ini  di kabarkan menyedot  dana anggaran  yang cukup besar hingga  milyaran Rupiah , di lokasi seputar  jalan sanggau ledo persis di Sekolah Dasar Negeri SDN. No.09 Rangkang, Kelurahan Sebalo Kecamatan Bengkayang. Namun dalam pelaksanaan pembangunan  ada keganjilan tersendiri dimana  pelaksanaan tender belum dimulai pekerjaan proyek sudah dilaksanakan alias mendahului.

Kepala Sekolah SDN.NO.09 Rangkang, Suparno saat dijumpai kemaren  dirumahnya Menerangkan," Dirinya hanya menjalankan Perintah Bupati dan Kepala Dinas, karena sebelumnya sudah ada surat pemberitahuan pelaksanaan  pembangunan Sekolah elit bertaraf Internasional dengan dana berkisar antara 22 hingga 23 Milyar, di jadwalkan  Penggusuran Lahan dimulai pertengahan Mei 2011 hingga Sekarang, dan Rumah Dinas Guru sebanyak 4 Lokal digusur dengan Nilai Pagu Dana sekitar 2 Miliyar.

 sejauh ini "Siapa Pemborong dan Kontraktornya belum mengetahui secara pasti karena  ,"Saya baru ditempatkan sebagai kepala sekolah di SDN.No.09 Rangkang baru sekitar 2 Tahun, sebagai bawahan  apapun Perintah Atasan harus saya Laksanakan,terkait penggusuran dinas guru itu semua wewenang kita  katanya.


Kadis pendidikan kabupaten bengkayang,Silverius Sinoor SH,MH ketika di konfirmasi di kantornya tidak bisa di temui alasan sibuk ,hari berikutnya di hubungi  lewat handphone selulernya tidak ada komentar,kemudian di sms tidak dibalas.

Di tempat terpisah Ketua DPRD Bengkayang, Sebastianus Darwis.SE.MM menjelaskan," Mengenai Pembangunan SDN No.09 Rangkang Pihak Kita Dewan sejauh ini tidak mengetahui, dan tidak ada dalam Rencana Anggaran untuk Pembangunan SD bertaraf Internasional, Dari mana Dapat dananya," Ungkap Darwis.

Masih menurut Legislator PDI Perjuangan ini," kalau Ada Pembangunan yang menyerap dana hingga Milyaran atau puluhan Milyar tidak mungkin Kita Dewan tidak mengetahuinya, Jika memang Pihak Dinas Berani mengeluarkan Dana begitu Besar itu merupakan Tanggung Jawab Dinas dan Dewan tidak berani menyetujui jika dananya tidak Jelas dari mana.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang Drs.Kristianus Anyim,M.Si saat dihubungi Via telpon seluler Menjelaskan," Saya juga tidak tahu dengan masalah pembangunan SDN No.09 Rangkang,apalagi Dananya hingga Miliyaran Rupiah dan memang saya mendapat Kabar bahwa dana tersebut berasal dari Provinsi," Ungkap Anyim.

Berdasarkan Informasi dari Pekerja Lapangan yang tidak bersedia namanya di Korankan, Yang mendapat pekerjaan itu adalah Ir.Martinus Khiu yang merupakan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Coba tanya beliau Kilahnya menghindar.

Ir.Martinus Khiu,' Saat dimintai Informasi melalui sms menjelaskan," Mudah-mudahan saya yang mendapatkan Pekerjaan, dan memang pekerjaan itu belum ditenderkan, masih menunggu juklak dari Provinsi, nanti pasti dikonfirmasi oleh Dinas Pendidikan dan dana peruntukan Pembangunan SDN.NO.09 Rangkang sekitar 2 Miliyar, dan dirinya mengakui mungkin hal ini kurang  komunikasi aja terangnya ketua Koni bengkayang ini.

lokasi proyek yang di rencanakan pembangunan sekolah bertarap internasional di bengkayang

Kondisi Rumah sebelum Di Bongkar

Perumahan  guru yang di bongkar
Terkait permasalahan yang dinilai masyarakat banyak kesimpang siuran  ini,salah satu ketua LSM ,JKPKM(jasa konstruksi pemantau kebenaran dan monitoring)Kalbar Libertus Hansen SH meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas permasalahan tersebut ,karena kuat dugaan sudah menyalahi perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan dan jasa pemerintah.selain itu  tegas Hansen dapat  berpengaruh ke pencatatan    asset daerah . (krd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar