Rabu, 06 Juli 2011

Yayasan Aria Marama Peringati Hut” Toa Pekong” Ke 169.


Bengkayang.
Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)”Toa Pekong “ke  169, 1842-2011)  yayasan Vihara Aria Marama merayakannya  bersama dengan masyarakat  yang berlokasi seputar  jalan migang , Kecamatan bengkayang , Kabupaten  Bengkayang  yang jatuh   hari   rabu 6/6   di peringati   secara rutin setiap tahun dengan   menggelar ritual dan perjamuan makan bersama .
 Lay Fit Bui,Ceku

Ketua yayasan Aria Marama  lay Pit Bui mengatakan , perayaan tahun ini memiliki arti penting terlebih keberadaan " Toa Pekong"   kini sudah berusia  169 tahun dan hampir mencapai  satu abad lebih . acara puncak perjamuan hidangan  kita mulai  tadi sekitar jam  12 wib  sampai selesai ungkapnya.
Hal yang sama juga di tambahkan ceku selaku panitia seksi acara hiburan menuturkan  Undangan  kita sebarkan di perkirakan mencapai 1000 undangan ,meliputi  muspida ,pengusaha dan masyarakat karena ini sipatnya terbuka untuk umum.
“mengingat kapasitas tempat terbatas jadi kita bagi menjadi dua bagian waktu ,yang pertama kita mulai jam 12 wib ,sedangkan yang kedua jam 24 sampai selesai  ,sambil berjalan kita pihak  panitia tetap menyuguhkan   sesi hiburan yakni  organ tunggal  yang kita undang khusus  dari kota singkawang ,”tutur  ceku.
 Di tempat bersamaan  tokoh  tiong hoa bengkayang , andi mex ,  menilai  Acara sakral  HUT vihara Aria Marama   ini sebagai bentuk kebersamaan ,tentu ini merupakan acara kebudayaan turun temurun  yang  di peringati ,untuk itu   kehadiran masyarakat merupakan kebanggaan dan kegembiraan untuk kita semua , diharapkan masyarakat  yang hadir dapat mendukung  acara ini sampai sukses ,karena ini bagian dari   kebudayaan yang merupakan  aset bangsa dan Negara  yang harus kita lestarikan  bersama  ungkap andi mex mengahiri.(tni)

2 komentar:

  1. Waaaaaaaaaaah tepekong adalah tempat berkumpulnya para orang2 sinting dan gila loh.
    Klo tanggal 1/15 bawang merah haram karena vegetarian pantang daging. Ada sangkut pautnya daging dengan bawang merah.
    Mantap. Biasanya didunia nyata orang2 tepekong itu sinting gila dan setiap hari hidup penuh celaka loh.

    BalasHapus
  2. memang beeeeeeetul itu.
    Ditepekong lah tempat para orang2 seteres sinting dan gila berkumpul.
    semua orang tau akan hal itu.

    BalasHapus